2013-05-19

Sabtu, 25 Mei 2013

PENGGOLONGAN MASYARAKAT BERDASARKAN MATA PENCAHARIAN




Adapun penggolongan masyarakat didasarkan pada mata pencaharian atau pekerjaan sebagai berikut.

1. Elite 
yaitu orang kaya dan orang yang menempati kedudukan atau pekerjaan yang dinilai tinggi oleh masyarakat.

2. Profesional 
yaitu orang yang berijazah dan bergelar kesarjanaan serta orang dari dunia perdagangan yang berhasil.

3. Semiprofesional 
mereka adalah para pegawai kantor, pedagang, teknisi berpendidikan menengah, mereka yang tidak berhasil mencapai gelar, para pedagang buku, dan sebagainya.

4. Tenaga terampil
mereka adalah orang-orang yang mempunyai keterampilan teknik mekanik seperti pemotong rambut, pekerja pabrik, sekretaris, dan stenografer.

5. Tenaga tidak terdidik, 
misalnya pembantu rumah tangga dan tukang kebun

referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal.18

KLASIFIKASI KELAS SOSIAL MASYARAKAT




Secara umum klasifikasi kelas sosial terdiri atas tiga kelompok sebagai berikut.

1) Kelas sosial atas, 
yaitu kelompok orang memiliki kekayaan banyak, yang dapat memenuhi segala kebutuhan hidup bahkan secara berlebihan. Golongan kelas ini dapat dilihat dari pakaian yang dikenakan, bentuk rumah, gaya hidup yang dijalankan, dan lain-lain.

2) Kelas sosial menengah,
yaitu kelompok orang berkecukupan yang sudah dapat memenuhi kebutuhan pokok (primer), misalnya sandang, pangan, dan papan. Keadaan golongan kelas ini secara umum tidak akan sama dengan keadaan kelas atas.

3) Kelas sosial bawah,
yaitu kelompok orang miskin yang masih belum dapat memenuhi kebutuhan primer. Golongan kelas bawah biasanya terdiri atas pengangguran, buruh kecil, dan buruh tani.A


referensi :Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal.15

SIFAT SISTEM STRATIFIKASI SOSIAL


a. Stratifikasi Sosial Tertutup (Closed Social Stratification) 



Stratifikasi sosial tertutup dalam masyarakat dapat digambarkan seperti pada gambar di samping. Stratifikasi tertutup adalah stratifikasi di mana anggota dari setiap strata sulit mengadakan mobilitas vertikal. Satu-satunya jalan untuk masuk dalam stratifikasi ini melalui kelahiran atau keturunan. Wujud nyata dari stratifikasi ini adalah sistem kasta di Bali. Kaum Sudra tidak dapat pindah posisi ke lapisan Brahmana. Atau masyarakat rasialis, kulit hitam (Negro) yang dianggap di posisi rendah tidak bisa pindah kedudukan di posisi kulit putih.



b. Stratifikasi Sosial Terbuka (Opened Social Stratification) 



Stratifikasi sosial terbuka bersifat dinamis karena mobilitasnya sangat besar. Setiap anggota strata dapat bebas melakukan mobilitas sosial, baik vertikal maupun horizontal. Pada umumnya, sistem pelapisan ini, memberikan kesempatan kepada setiap anggota untuk naik ke strata yang lebih tinggi, atau turun ke strata yang lebih rendah. Selain itu, sistem pelapisan terbuka memberikan perangsang lebih besar kepada setiap anggota masyarakat untuk dijadikan landasan pembangunan masyarakat. Contoh, seorang yang miskin karena usaha dan kerja keras dapat menjadi kaya, atau sebaliknya.



c. Stratifikasi Campuran 



Stratifikasi campuran diartikan sebagai sistem stratifikasi yang membatasi kemungkinan berpindah strata pada bidang tertentu, tetapi membiarkan untuk melakukan perpindahan lapisan pada bidang lain. Contoh: seorang raden yang mempunyai kedudukan terhormat di tanah Jawa, namun karena sesuatu hal ia pindah ke Jakarta dan menjadi buruh. Keadaan itu menjadikannya memiliki kedudukan rendah maka ia harus menyesuaikan diri dengan aturan kelompok masyarakat di Jakarta.


referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 15

KLASIFIKASI SUKU BANGSA MASYARAKAT INDONESIA




Secara garis besar suku bangsa masyarakat Indonesia diklasifikasikan sebagai berikut.

1. Suku masyarakat Pulau Sumatra antara lain Aceh, Batak, Minangkabau, Bengkulu, Jambi, Palembang, Melayu, dan sebagainya.

2. Suku masyarakat Pulau Jawa antara lain Sunda, Jawa, Tengger, dan sebagainya.

3. Suku masyarakat Pulau Kalimantan antara lain Dayak, Banjar, dan sebagainya.

4. Suku masyarakat Pulau Sulawesi antara lain Bugis, Makassar, Toraja, Minahasa, Toli-Toli, Bolang- Mongondow, dan Gorontalo.

5. Suku masyarakat di Kepulauan Nusa Tenggara antara lain Bali, Bima, Lombok, Flores, Timur, dan Rote.

6) Suku masyarakat di Kepulauan Maluku dan Irian antara lain Ternate, Tidore, Dani, dan Asmat.

referensi : Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 8

Jumat, 24 Mei 2013

KLASIFIKASI RAS DI DUNIA


Menurut A.L. Kroeber (sebagaimana dikutip Arif Rohman: 2003), ras di dunia diklasifikasikan menjadi lima kelompok ras yaitu:

1. Australoid, yaitu penduduk asli Australia (Aborigin). 

2. Mongoloid, yaitu penduduk asli wilayah Asia dan Amerika, meliputi: 
a, Asiatic Mongoloid (Asia Utara, Asia Tengah, dan Asia Timur);
b. Malayan Mongoloid Asia Tenggara, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan penduduk asli Taiwan);
c. American Mongoloid (penduduk asli Amerika).

3. Kaukasoid, yaitu penduduk asli wilayah Eropa, s Afrika, dan Asia, antara lain: 
a. Nordic (Eropa Utara, sekitar Laut Baltik);
b. Alpine (Eropa Tengah dan Eropa Timur);
c. Mediteranian (sekitar Laut Tengah, Afrika Utara, Armenia, Arab, dan Iran);
d. Indic (Pakistan, India, Bangladesh, dan Sri Lanka).

4. Negroid, yaitu penduduk asli wilayah Afrika dan sebagian Asia, antara lain: 
a. African Negroid (Benua Afrika);
b. Negrito (Afrika Tengah, Semenanjung Malaya yang dikenal orang Semang, Filipina);
c. Melanesian (Irian dan Melanesia).

5. Ras-ras khusus, yaitu ras yang tidak dapat diklasifikasikan dalam keempat ras pokok, antara lain:
a. Bushman (Penduduk di daerah Gurun Kalahari, Afrika Selatan);
b. Veddoid (Penduduk di daerah pedalaman Sri Lanka dan Sulawesi Selatan);
c. Polynesian (Kepulauan Mikronesia dan Polynesia); serta
d. Ainu (Penduduk di daerah Pulau Karafuto dan Hokkaido, Jepang).


referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 6-7

MACAM-MACAM SUBRAS YANG ADA DI INDONESIA


Pada dasarnya, Indonesia didiami oleh bermacam-macam subras sebagai berikut.

1. Negrito, yaitu suku bangsa Semang di Semenanjung Malaya dan sekitarnya.

2. Veddoid, yaitu suku Sakai di Riau, Kubu di Sumatra Selatan, Toala dan Tomuna di Sulawesi.

3. Neo-Melanosoid, yaitu penduduk Kepulauan Kei dan Aru.

4. Melayu yang terdiri atas:
a. Melayu tua (Proto Melayu), yaitu orang Batak, Toraja, dan Dayak.
b. Melayu Muda (Deutro Melayu), yaitu orang Aceh, Minang, Bugis/Makassar, Jawa, Sunda, dan sebagainya.

MENGAPA JARUM JAM BERGERAK KE ARAH KANAN?


Pernahkah terpikirkan oleh Anda, mengapa jarum jam bergerak ke kanan? Sekilas hal kecil seperti ini memang nampak sepele, namun ada sejarah mengapa jarum jam bergerak ke kanan.



Dahulu sebelum jam ditemukan beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda.
Bangsa mesir merupakan salah satu bangsa yang pada waktu itu sudah bisa mengamati waktu dengan memanfaatkan pergerakan matahari .

Mereka mendirikan sebuah tugu yang disebut obeliks, ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu tersebut juga akan bergerak, dari sanalah mereka mengukur waktu.
Karena matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan dunia bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks pun bergerak ke kanan.

Itulah alasan kuat mengapa akhirnya jarum jam dibuat bergerak ke kanan.
Seandainya Mesir berada di belahan dunia bagian selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri.

Referensi :
http://dosenlintas.blogspot.com/2013/05/asal-usul-jarum-jam-bergerak-ke-arah.html

PENYEBAB TERJADINYA KONFLIK



a. Perbedaan Antarorang 
Pada dasarnya setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Perbedaan ini mampu menimbulkan konflik sosial. Perbedaan pendirian dan perasaan setiap orang dirasa sebagai pemicu utama dalam konflik sosial. Lihat saja berita-berita media massa banyak pertikaian terjadi karena rasa dendam, cemburu, iri hati, dan sebagainya. Selain itu, banyaknya perceraian keluarga adalah bukti nyata perbedaan prinsip mampu menimbulkan konflik. Umumnya perbedaan pendirian atau pemikiran lahir karena setiap orang memiliki cara pandang berbeda terhadap masalah yang sama.

b. Perbedaan Kebudayaan 
Kebudayaan yang melekat pada seseorang mampu memunculkan konflik manakala kebudayaan- kebudayaan tersebut berbenturan dengan kebudayaan lain. Pada dasarnya pola kebudayaan yang ada memengaruhi pembentukan serta perkembangan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, kepribadian antara satu individu dengan individu lain- nya berbeda-beda. Contoh, seseorang yang tinggal di lingkungan pegunungan tentunya berbeda dengan seseorang yang tinggal di pantai. Perbedaan kepribadian ini, tentunya membawa perbedaan pola pemikiran dan sikap dari setiap individu yang dapat menyebabkan terjadinya pertentangan antarkelompok manusia.

c. Bentrokan Kepentingan 
Umumnya kepentingan menunjuk keinginan atau kebutuhan akan sesuatu hal. Seorang mampu melaku- kan apa saja untuk mendapatkan kepentingannya guna mencapai kehidupan yang sejahtera. Oleh karena itu, apabila terjadi benturan antara dua kepentingan yang berbeda, dapat dipastikan munculnya konflik sosial. Contohnya benturan antara kepentingan buruh dan pengusaha. Kepentingan buruh adalah mendapatkan gaji sebagaimana mestinya setiap bulannya. Namun, berkenaan dengan meruginya sebuah perusahaan maka perusahaan itu enggan memenuhi kepentingan buruh. Akibatnya, konflik baru terbentuk antara majikan dan buruh. Buruh menggelar aksi demo dan mogok kerja menuntut perusahaan tersebut.

d. Perubahan Sosial 
Perubahan sosial yang berlangsung cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat. Hal ini menyebabkan terjadinya perbedaan pendirian antargolongan dalam menyikapi perubahan yang terjadi. Situasi dan kondisi ini mampu memunculkan konflik baru. Misalnya semakin maju dan tinggi teknologi, para ahli pun berusaha melibatkan para balita untuk ikut menikmati teknologi tersebut yang tentunya bermanfaat bagi perkembangan intelektual bayi. Karena alasan itu, dibuatlah baby channel. Namun, perubahan ini menimbulkan reaksi pro dan kontra dalam masyarakat.

referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 34-35

Kamis, 23 Mei 2013

SS HUMOR : PERCAKAPAN SEBELUM MENIKAH DAN SESUDAH MENIKAH


Sebelum menikah begini obrolannya.. .

Pria : Akhirnya! Aku sudah menunggu saat ini tiba.

Wanita : Apakah kau rela kalau aku pergi?

Pria : Tentu tidak! Jangan pernah kau berpikiran seperti itu.

Wanita : Apakah kamu mencintaiku?

Pria : Tentu! Selamanya akan tetap begitu.

Wanita : Apakah kau pernah selingkuh?

Pria : Tidak! Aku tak akan pernah melakukan hal buruk itu.

Wanita : Maukah kau menciumku?

Pria : Ya

Wanita : Sayangku...

Namun, setelah 10 tahun menikah, Obrolannya: "silakan dibaca lagi, tapi dari bawah ke atas... !!!

http://luculuculucu.blogspot.com/

KISAH DAN ASAL USUL HAJAR ASWAD



Ketika Nabi Ibrahim a.s bersama anaknya membina Kaabah banyak kekurangan yang dialaminya. Pada mulanya Kaabah itu tidak ada bumbung dan pintu masuk. Nabi Ibrahim a.s bersama Nabi Ismail bertungkus kumus untuk menjayakan pembinaannya dengan mengangkut batu dari berbagai gunung.
Dalam sebuah kisah disebutkan apabila pembinaan Kaabah itu selesai, ternyata Nabi Ibrahim masih merasakan kekurangan sebuah batu lagi untuk diletakkan di Kaabah.

Nabi Ibrahim berkata Nabi Ismail berkata, "Pergilah engkau mencari sebuah batu yang akan aku letakkan sebagai penanda bagi manusia."

Kemudian Nabi Ismail a.s pun pergi dari satu bukit ke satu bukit untuk mencari batu yang baik dan sesuai. Ketika Nabi Ismail a.s sedang mencari batu di sebuah bukit, tiba-tiba datang malaikat Jibril a.s memberikan sebuah batu yang cantik. Nabi Ismail dengan segera membawa batu itu kepada Nabi Ibrahim a.s. Nabi Ibrahim a.s. merasa gembira melihat batu yang sungguh cantik itu, beliau menciumnya beberapa kali. Kemudian Nabi Ibrahim a.s bertanya, "Dari mana kamu dapat batu ini?"

Nabi Ismail berkata, "Batu ini kuterima daripada yang tidak memberatkan cucuku dan cucumu (Jibril)."
Nabi Ibrahim mencium lagi batu itu dan diikuti oleh Nabi Ismail a.s. Sehingga sekarang Hajar Aswad itu dicium oleh orang-orang yang pergi ke Baitullah. Siapa saja yang bertawaf di Kaabah disunnahkan mencium Hajar Aswad. Beratus ribu kaum muslimin berebut ingin mencium Hajar Aswad itu, yang tidak mencium cukuplah dengan memberikan isyarat lambaian tangan saja.

Ada riwayat menyatakan bahwa dulunya batu Hajar Aswad itu putih bersih, tetapi akibat dicium oleh setiap orang yang datang menziarahi Kaabah, ia menjadi hitam seperti terdapat sekarang. Wallahu a'alam.

Apabila manusia mencium batu itu maka timbullah perasaan seolah-olah mencium ciuman Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Ingatlah wahai saudara-saudaraku, Hajar Aswad itu merupakan tempat diperkenan doa. Bagi yang ada kelapangan, berdoalah di sana, Insya Allah doanya akan dikabulkan oleh Allah. Jagalah hati kita sewaktu mencium Hajar Aswad supaya tidak menyengutukan Allah, sebab tipu daya syaitan kuat di Tanah Suci Mekah.
Ingatlah kata-kata Khalifah Umar bin Al-Khattab apabila beliau mencium batu itu (Hajar Aswad) : "Aku tahu, sesungguhnya engkau hanyalah batu biasa. Andaikan aku tidak melihat Rasulullah S.A.W menciummu, sudah tentu aku tidak akan melakukan (mencium Hajar Aswad)."


referensi :

PUISI MENYENTUH : UNTUK SEORANG YANG DIRIDHOI ALLAH (OLEH : ANNISA NOVIA)


untuk seseorang yang di ridhoi Allah ...
apa kabarmu ? semoga kmu slalu dalam keadaan sehat dan selalu di lindungiNya ...
bagaimana dengan kesibukanmu di sana ? semoga kamu selalu di berikan keberkahan dalam hidupmu ..
wahai seseorang yang di ridhoi Allah ....

apa kamu tau apa yang sedang ku rasakan ?
serangan virus rindu yang begitu hebat menyerang batin,
serangan virus yang sangat sulit untuk di kalahkan.
aduhai seseorang yang di ridhoi Allah ...
setiap bait do'aku selalu terselip namamu ..
aku selalu meminta kepada sang penguasa alam agar Dia selalu melindungimu..
aku selalu memohon kepada sang maha mendengar agar Dia selalu mendengarkan dan memenuhi segala kebutuhanmu ..
aku selalu menadahkan tangan kepada sang maha penyayang agar Dia selalu menyayangi dan mengasihi mu ..
aku selalu berdoa agar kamu selalu di berikan kesabaran dan senantiasa di selimuti kebahagiaan ,.
wahai seseorang yang di ridhoi Allah ..
aku menanti saat menjadi nyata ,. aku yakin smua akan indah pada waktunya ..
aku merindukanmu juga sangat menyayangimu ..
duhai seseorang yang di ridhoi Allah ....

referensi :
http://www.facebook.com/anezz.penantian

UPAYA PENCEGAHAN TINDAKAN KEKERASAN


a. Kampanye Anti-Kekerasan 

Dilakukannya kampanye antikekerasan secara terus- menerus mendorong individu untuk lebih menyadari akan akibat dari kekerasan secara global. Melalui kampanye setiap masyarakat diajak untuk berperan serta dalam menciptakan suatu kedamaian. Dengankedamaian individu mampu berkarya menghasilkan sesuatu untuk kemajuan. Dengan kata lain, kekerasan mendatangkan kemundur- an dan penderitaan, sedangkan tanpa kekerasan membentuk kemajuan bangsa.


b. Mengajak Masyarakat untuk Menyelesaikan Masalah Sosial dengan Cara Bijak 

Dalam upaya ini pemerintah mempunyai andil dan peran besar. Secara umum, apa yang menjadi tindakan pemimpin, akan ditiru dan diteladani oleh bawahannya. Jika suatu negara menjauhkan segala kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah sosial, maka tindakan ini akan diikuti oleh segenap warganya. Dengan begitu, semua pihak berusaha tidak menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah yang akhirnya membawa kedamaian dalam kehidupan sosial.


c. Penegakan Hukum secara Adil dan Bersih 

Sistem hukum yang tidak tegas mampu memengaruhi munculnya tindak kekerasan. Hal ini dikarenakan perasaan jengkel manakala keputusan hukum mudah digantikan dengan kekuatan harta. Sedangkan mereka yang tidak berharta diperlakukan kasar serta tidak manusiawi. Kejengkelan melihat ketidakadilan ini mendorong munculnya tindak kekerasan. Oleh karena itu, penataan sistem penegakan hukum yang adil dan tegas mampu mengurangi meningkatnya angka kekerasan yang terjadi.


d. Menciptakan Pemerintahan yang Baik 

Sebagian besar kekerasan yang terjadi di Indonesia dikarenakan cara kerja pemerintah yang kurang memuaskan. Perasaan tidak puas mendorong masyarakat melakukan tindak kekerasan sebagai wujud protes. Oleh karena itu, menciptakan pemerintahan yang baik salah satu upaya tepat dan utama mengatasi kekerasan. Upaya ini dilakukan dengan cara menyusun strategi dan kebijakan yang dirasa adil bagi rakyat, sehingga rakyat dapat memenuhi setiap kebutuhan hidupnya tanpa ada perasaan tidak adil.kat melakukan tindak kekerasan sebagai wujud protes. Oleh karena itu, menciptakan pemerintahan yang baik salah satu upaya tepat dan utama mengatasi kekerasan. Upaya ini dilakukan dengan cara menyusun strategi dan kebijakan yang dirasa adil bagi rakyat, sehingga rakyat dapat memenuhi setiap kebutuhan hidupnya tanpa ada perasaan tidak adil.

referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 43-44

Rabu, 22 Mei 2013

ASAL USUL NAMA TUBAGUS


Asal-Usul Nama Tubagus
Tubagus itu berasal dari kata RATUBAGUS...Ratubagus itu gelar yang diberikan kepada keluarga kasunyatan banten. Belanda bnyak membantai orang2 bergelar Ratubagus. Akhirnya Ratubagus diubah menjadi Tubagus.
SUMBER: TUBAGUS ARYA SENCAKI

Bila dirunut dari berbagai sumber, sebetulnya Tubagus itu adalah gelar “sayyid” untuk keturunan Rasulullah yang diterapkan di Banten, kalo di arab saudi mungkin ada gelar 'habib' dan di iran mungkin ada 'sayyid' di banten ada 'tubagus'.ini bukan gelar kebangsawanan, tapi supaya yg punya gelar selalu terikat dengan rasul, sehingga diharapkan selalu meneladani beliau.Hal ini karena setiap keturunan Sultan Hasanuddin adalah keturunan Rasul mengingat ayah Sultan Hasanuddin yaitu Maulana Syarif Hidayatullah adalah keturunan Rasul.Dan satu-satunya dari wali songo (yg keturunan rasul). Pada syarif hidayatullah mengalir dua darah utama, yakni dari rasulullah dari ayahnya, sedangkan dari ibunya mengalir darah penguasa padjajaran yang merupakan adik dari Prabu Siliwangi.

Pada zaman dulu yang memakai nama Tubagus & Ratu biasanya identik dengan pandai. ahli dlm soal agama.bisa mangaji,agamis, pendakwah ato memberi manfaat buat org lain. Mendapat gelar tb atau ratu bukan untuk narsis tp lebih pada utk periksa diri bahwa kita mendapat tugas untuk memberi manfaat buat orang lain serta manjaga garis keturunan.

Katanya utk mengetes seorang itu tubagus atau bukan suruh saja menunjukkan silsilahnya, kalo dia tubagus asli,katanya silsilah ini terus dipeliharasehingga nyambung ke maulana hasanudian atau ke syarif hidayatullah. jadi jangan memahami tubagus sebagai gelar kebangsawanan, itu hanya gelar utk keturunan rasul yg ada di banten. dan gelar itu bukan utk menyombongkan diri, tapi supaya mereka malu, kalo berbuat maksiat, sebab pada darah mereka mengalir darah rasul, makhluk Allah yang paling dicintaiNya.


referensi :
http://tubagusturunanbanten.blogspot.com/2011/03/asal-usul-nama-tubagus.html

SISTEM KASTA DI INDIA

Sistem Kasta Sistem lapisan sosial yang tertutup dengan jelas dapat dilihat dalam masyarakat India. Sistem pelapisan di India sangat kaku dan menjelma dalam bentuk kasta. Secara umum, kasta di India mempunyai ciri-ciri tertentu, yaitu:

a. Keanggotaan pada kasta, diperoleh karena warisan atau kelahiran. Dengan kata lain, anak yang lahir akan memperoleh kedudukan dari orang tuanya.

b. Keanggotaan yang diwariskan, berlaku untuk seumur hidup. Oleh karena itu, seseorang tidak mungkin mengubah kedudukannya, kecuali apabila ia dikeluarkan dari kastanya.

c. Perkawinan bersifat endogami, artinya seseorang harus menikah dengan orang yang berada dalam satu kasta.

d. Hubungan dengan kelompok-kelompok sosial lainnya bersifat terbatas.

e. Adanya kesadaran pada keanggotaan suatu kasta tertentu. Hal ini terlihat nyata dari nama kasta, identifikasi anggota pada kasta, penyesuaian diri terhadap norma-norma yang berlaku dalam kasta yang bersangkutan, dan lain-lain.

f. Kasta terikat oleh kedudukan yang secara tradisional telah ditetapkan.

g. Prestise suatu kasta benar-benar diperhatikan.

Sistem kasta di India telah ada sejak berabad-abad yang lampau. Istilah kasta dalam bahasa India adalah ”yati”, sedangkan sistemnya disebut ”varna”. Menurut kitab Reg-Wedha, dalam masyarakat India Kuno terdapat empat varna yang tersusun atas Brahmana, Kesatria, Waisya, dan Sudra. Kasta Brahmana terdiri atas pendeta-pendeta yang dipandang sebagai lapisan tertinggi. Kesatria merupakan kasta golongan bangsawan dan tentara. Waisya terdiri atas kasta golongan pedagang, sedangkan Sudra terdiri atas orang-orang biasa atau rakyat jelata. Golongan yang tidak berkasta, tidak masuk dalam sistem varna dan disebut golongan Paria.

Suatu sistem stratifikasi tertutup dalam batas-batas tertentu, juga dijumpai pada masyarakat Bali. Seperti halnya masyarakat India, masyarakat Bali pun terbagi dalam empat lapisan sesuai dengan kitab suci orang Bali yaitu Brahmana, Kesatria, Waisya, dan Sudra. Ketiga lapisan pertama biasa disebut ”triwangsa”, sedangkan lapisan terakhir disebut ”jaba”. Keempat lapisan tersebut terbagi lagi dalam lapisan-lapisan khusus, yang biasanya diketahui dari gelar yang disandang. Gelar-gelar tersebut diwariskan menurut garis keturunan laki-laki yang antara lain Ida Bagus (Brahmana), Tjokorda, Dewa, Ngahan (Kesatria), I Gusti, Gusti (Waisya), Pande, Kbon, dan Pasek (Sudra).

Walaupun gelar-gelar tersebut tidak memisahkan golongan-golongan secara ketat, akan tetapi sangat penting bagi sopan santun pergaulan. Selain itu, hukum adat juga menetapkan hak-hak bagi si pemakai gelar, misalnya dalam memakai tanda-tanda, perhiasan, pakaian tertentu, dan lain-lain. Kehidupan sistem kasta di Bali tersebut umumnya tampak jelas dalam hubungan perkawinan, terutama seorang gadis dari suatu kasta tertentu pada umumnya dilarang bersuamikan seseorang dari kasta yang lebih rendah.


referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal.16

CIRI-CIRI STRUKTUR SOSIAL


Beberapa ciri umum dari struktur sosial antara lain:

1. Struktur sosial mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang pokok dapat memberikan bentuk dasar pada masyarakat.

2. Struktur sosial mencakup semua hubungan sosial antara individu-individu pada saat tertentu.

3. Struktur sosial merupakan seluruh kebudayaan masyarakat yang dapat dilihat dari sudut pandang teoretis.

4. Struktur sosial merupakan realitas sosial yang bersifat statis.

5. Struktur sosial merupakan tahapan perubahan dan perkembangan masyarakat.


referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal.4

DUA PROSES TERBENTUKNYA STRATIFIKASI SOSIAL DI MASYARAKAT


Secara umum terdapat dua proses terbentuknya stratifikasi sosial di masyarakat, yaitu:

a. Terjadi secara Otomatis atau Alamiah

Stratifikasi sosial dapat terjadi secara alamiah, dengan sendirinya dan otomatis bersamaan dengan perkembangan kehidupan masyarakat.
Biasanya proses ini terjadi karena faktor-faktor yang dibawa individu sejak lahirnya.
Contoh: kepandaian, usia, jenis kelamin, keturunan, dan sifat keaslian keanggotaan seseorang dalam masyarakat.



b. Terjadi karena Bentukan untuk Mencapai Tujuan Bersama 

Stratifikasi ini biasanya dilakukan dalam pembagian kekuasaan dan wewenang yang resmi dalam organisasi formal seperti pemerintahan, partai politik, perusahaan, perkumpulan, dan angkatan bersenjata.
Dalam stratifikasi ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti upacara pelantikan, pemberian tanda/ lambang kedudukan, pemberian wewenang, dan lain- lain.

referensi :
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 13

SS HUMOR : KUMPULAN HUMOR SINGKAT DAN GOKIL ABIS


#Ketemu Teman Lama#

Oi bro, apa kabar?
Oh skrg gw sibuk kerja
Gw nanya kabar lu -_-
Anak gw 3 bro
Щ(ºДºщ) KILL ME! #BudekTingkatDewa

Bro, badan lu sixpack bgt skrg.. Cara bentuknya gmn?
Tiap hari lu harus ngaduk semen & angkat Batu bata bro
-___-" #TernyataKuli
***************************************

#Di ShowRoom#

Gimana mas, jadi beli mobilnya?
Gak jadi!
Lho knp?
Mobilnya gak ada standarnya! Kalo parkir susah
-__- *Lu kata Motor*!

Mas, saya mau beli mobil yg bisa muat orang banyak, bisa buat tiduran, & bisa ngebut
Oh ada pak, tuh *nunjuk mobil ambulans*
o_O
***************************************

#Di Mesjid#

Pak, saya mau kurban
Boleh.. Mau kurban sapi atau kambing?
Saya mau kurban perasaan boleh pak? Maklum abis di PHP-in
-___-"

Jon, lu jangan sholat di lantai 2 ya
Emang knp din?
Imamnya gak ada.. Ntar sholat lu gak sah
-___- aihh koplok!
***************************************

#Di KFC#

Siang mas, mau pesen apa?
Nasgor 1
Ga ada mas
Hmmmm,, ketoprak deh
Ga adaa!
Rujak cingur ada?
Щ(ºДºщ) Berantem yuk mas!!!

Mbak pesen ayam dong
Mau yg masih perawan atau yg udah janda, mas?
Ayam goreng woy! Bukan ayam kampus! (۳˚Д˚)۳ #KasirGermo
***************************************

#Tawuran#

Woy, anak mana lo? Maju lo!
Lo yg maju!
Lo aja!
Lo duluan!
Lo dong!
Ah lo mah gitu! >,<
*lalu jambak2an* #AihhCucokk

Seraaaang!
Bentar bro
Lah knp?
Gue update status dulu: M4M4h P4p4H, D041N 4kk0oH M3n4N9 T4wuR4N Y4cH
-___-" COT!
***************************************

*Teriak*

Bang, ojek bang!
APA LU KATA?!
Situ tukang ojek kan?
Bukan! gw genk motor! Ga liat gw rame2?!
>,< Ampun bang! *Digebukin*
***************************************

*Syuting*

Udin, nanti kamu berdiri di rel ya
Berdiri aja nih pak sutradara?
Iya, tunggu disitu sampe kereta dateng
(º̩̩́Дº̩̩̀) *MATI*
***************************************

*Interview Kerja*

Nama kamu sapa?
Udin, pak
Dulu pernah kerja dmn?
Pliss pak! Jgn ungkit² masa lalu saya! Saya udah move on!
-___- Sekarang anda keluar!!!!
***************************************

*Di Hutan*

Din, awas! ada macan tuh di depan
Tenang jon, itu temen kita.. Kita kan udah pake baju Persija
Oh iya bener jg #DuaOrangBego
***************************************

*Lagi Sekarat*

Nak, ini pesan terakhir bapak, tanah yg di samping rumah jgn dijual | emang knp pak? | itu punya orang | -___-
***************************************

*Di Apotek*

Mbak, beli obat penghilang rasa sakit dong | oh ada mas.. Emang buat apaan? | buat ngilangin rasa sakit hati saya | "..."
***************************************

*Dineraka*

Knp lo msk neraka?
Gara2 gw teriakin kakek2
Lah gitu doank?
Gw teriakin tu kakek eh dia kaget trus kepleset, mati doi
o_O
***************************************

*Paskibra*

Balik kanan, Maju 10 langkah! Graaak!
Gak mau kak!
Apa?! kamu membantah?!
Noh liat, disitu ada jurang kak (º̩̩́Дº̩̩̀)
o_O
***************************************

*Di Warteg*

Mau minum apa dek?
Es teh aja
Manis ga?
Maap mas, saya bukan maho.. Masa saya bilang situ manis
Щ(ºДºщ) ES TEH NYA JING!
***************************************

*Audisi*

Kamu bisa main apa?
Main bass, pak
Kamu bawa bass sendiri kan?
Bawa donk pak *Keluarin Bass Betot*
"..." #TernyataBanci
***************************************

*Di Mall*

Bro, kok aneh ya orang² pada ngeliatin kita?
Mereka itu sirik ngeliat kita gandengan tangan, bro
*Ternyata Pasangan Maho #Duar
***************************************

*Dipenjara*

Woy anak baru, knp lu masuk penjara?
Abis ngebajak bang
Bajak pesawat?
Bukan, bajak BBM temen
"..."
***************************************

*UN*

*bisik2* Bro, no 34, 36, 38 apa jawabannya?
34B, 36B, 38D
Itu jawabannya?
Bukan, itu no Beha pengawas2 ujian kita
-___- Koplok!
***************************************

*Di Bursa Efek*

Permisi mbak, saya mau tanam saham
Oh bisa, mau tanam saham dmn?
Saya mau tanam saham di rahim mbak bisa?
*Digebukin*
***************************************

*Ditempat Tongkrongan*

Bro gw ada barang baru nih.. Dijamin teler nya full
Ada apa aja bro?
Ada baygon, air raksa, karbol, dll
"...."
***************************************

*Jualan*

Cangcimen cangcimen, mas mau beli mas?
Ga ah
Mas maunya apaan?
Kacang kuaci permen aja
(۳˚Д˚)۳ Sama aja, woy! #
***************************************

*Kuntilanak lg Nakutin Orang*

Ya tuhan lindungi hambamu ini ya Tuhan
Lu mah ga asik dikit2 lapor, gue kan cuma becandaa kalee >,<
"..."
***************************************

*Pom Bensin*

Dari nol ya mas
Gak mau ah, maunya dr hati kamu >,<
Ihh cocwit deh cyiinn Ԅ(‾̴̴͡͡•‾̴̴͡͡)ʃ
"...." *Kejang2* #TernyataBanci
***************************************

*Malem Jumat*

Pasutri: Sunnah Rosul
Pacaran: Mesra2an di Taman
Jomblo: Jalan2 ketemu Setan *Ngibrit* *Nyebur Jurang* *MATI*
#BedaNasib
***************************************

*Teller Bank*

Siang mas, mau nyetor ya?
Iya mbak, yuk ikut saya ke hotel.. Saya mau "nyetor" sama mbak
Nyetor duit woy! (۳˚Д˚)۳ *TABOK*
***************************************

*Anak Clubbers*

Bro, malam ini ada Ladies Night lohh
Wihh mantap! Ladies Night dimana?
Di taman lawang bro, ladies nya oke2
*Kejang2*
***************************************

*Alay Kondangan*

Bro, ini makan gratis?
Gratis lah
Boleh dibungkus?
Ga boleh -_-
Oww trus abis makan, gw cuci piring dimana?
"..."
***************************************

*Masak*

Nak bantu ibu masak
Ya, bu
Masukin garam 1 sendok
Udah
Kalo udah kasih salam
Asalamualaikum
Daun salam woy! -___-
***************************************

*Jenguk*

Udah sehat bro?
Lumayan bro
Ini gw bawain sesuatu
Wah bawa apaan nih?
Bawa daftar tagihan utang lu bro
ASU!
***************************************

*Nyamuk & Anaknya*

Gimana nak rasanya belajar terbang?
Keren mak
Kok bisa gitu?
Abisnya tiap terbang, orang2 pada tepuk tangan
o_O
***************************************

Cerita Lucu Dan Gokil Habis

Guru: Ariel, kenapa kamu terlambat?!
Ariel: Tadi ada teroris mau ledakin bom, pak
Guru: Haah?! Dimana?
Ariel: Di Game Point Blank, pak
Guru: ?(º?º?) #Wuasem
***************************************

Guru: Maaf bapak telat
Ariel: Darimana pak kok telat?
Guru: Bapak kesiangan tadi nak
Ariel: Ga bisa gitu pak, sana lari 20x lapangan!
Guru: Iya nak #Koplok
***************************************

Guru: Ariel, kenapa kamu sering bolos?!
Ariel: Abisnya hujan mulu, bu
Guru: Trus, kalo hujannya sebulan gimana?!
Ariel: Banjir lah bu
Guru: ".." *Iya juga sih*
***************************************

Guru: Ariel! Kenapa kamu gak ngerjain PR?!
Ariel: Kata emak saya, hidup itu harus santai pak.. Ngapain ngerjain yg ribet² ?(???)?
Guru: -___#Koplok #SambitPapanTulis
***************************************

Guru: Jono, apa cita²mu?
Jono: Pengen jadi dokter, bu
Guru: Bagus.. kalo kamu, pin?
Ariel: Pengen jadi Hokage, bu
Guru: "...." #KesurupanNaruto
***************************************

Guru: Heh, ngapain kamu pake topeng dikelas?! Kamu Ariel kan?! Cepat buka!
Ariel: Saya bukan Ariel, pak.. saya Obito
Guru: -___#KesurupanNaruto
***************************************

Guru: Ariel! Ngapain kamu gigitin bangku sekolah?!
Ariel: Kata temen Ariel, kalo mau pinter kita harus makan bangku sekolah, bu guru
Guru: -___#Koplok
***************************************

Guru: Arielooooo!!! Kenapa kamu kentut didekat bapak?!
Ariel: Itulah indahnya berbagi pak (´?`??)
Guru: -___-" #Koplok #SambitPapanTulis
***************************************

Guru: Ariel, kalo kamu ibu kasih 2 permen terus ditambahin 10 permen lagi maka jawaban kamu apa?
Ariel: Terima kasih bu guru
Guru: -___-" KOPLOK! *Iya juga sih*
***************************************

Guru: Ariel, 5+5 berapa?
Ariel: 12 bu
Guru: Salah!
Ariel: Emang berapa bu?
Guru: 10 lah!
Ariel: Pinter ibu, nih saya kasih permen
Guru: \(•ˆ?ˆ•)/ Hore! #Koplok
***************************************

Guru: Ariel! Kamu kalo bapak ngomong tuh didengerin!
Ariel: Lah bapak aja gak pernah dengerin saya kalo saya lg ngomong sama temen
Guru: "...." #Koplok #SambitPapanTulis
***************************************

Guru: Ariel! Jangan berisik! Bapak sedang baca soal!
Ariel: Jadi gue harus koprol di lantai penuh beling sambil bilang WOW gitu?!
Guru: ?(º?º?) Wasem!! #SambitPapanTulis
***************************************

Pasien: Dok, denger2 disini ada suster ngesot ya?
Dokter: Gak ada
Pasien: Trus adanya apa?
Dokter: Suster ngepot & suster ngehek doang
Pasien: o_O #BakarMenyan
***************************************

Pasien: Dok, saya sakit perut gara² makan sate
Dokter: Emang kamu makan berapa banyak?
Pasien: 20 tusuk dok.. Tapi makan tusuk sate nya aja
Dokter: -___-" #Koplok
***************************************

Pasien: Dok, Saya ga mau disuntik! Saya takut jarum >,<
Dokter: Udah tenang aja mbak, suntikannya tumpul kok *Buka resleting*
Pasien: o_O WEWW!!
***************************************

Pasien: Dok, saya punya penyakit lupa
Dokter: Sejak kpn?
Pasien: Lupa dok
Dokter: Kepala kamu pernah terbentur ya?
Pasien: Wah lupa dok! Ngmong2 saya ngapain disini ya?
Dokter: -___#Goblok
***************************************

Pasien: Dok diopname di kamar VIP berapa?
Dokter: 1 juta semalam mas
Pasien: Waduh,, yg 100rb ada dok?
Dokter: Ada mas, tapi di kamar mayat
Pasien: "...." #LaluStroke
***************************************

Nenek: *sekarat* cu, nenek pny permintaan terakhir
Ariel: Sebutkan nek, pasti aku turuti
Nenek: Tolong like status FB nenek ya, plisss
Ariel: -___-" #BantingLaptop
***************************************

Dokter: Pak sudah siap dioperasi?
Pasien: Iya dok siap
Dokter: Buka celana sama bajunya Pak
Pasien: Tidaaaak! Jangan ambil keperjakaan saya! >,<
-___-" DODOL!!!
***************************************

Suster: Mas infusnya ditambah dulu ya
Pasien: Iya sus, tapi kok berbusa gitu? isinya apa?
Suster: Iya mas ini merk baru, merknya ANKER
Pasien: (º??´?º??`) *Mati*
***************************************

Dokter: Keluhannya apa?
Pasien: Ini dok badan saya sakit
Dokter: Panas gak?
Pasien: Gak usah dok yg dingin aja pake es
Dokter: BADANNYA JING! (?°?°)? #DiKataEsJeruk
***************************************

Pasien: Dok, gimana hasil foto rontgen saya?
Dokter: Wah kacau!
Pasien: Kacau knp dok? *panik*
Dokter: Saya lupa masang roll filmnya
Pasien: Lu kira tustel! >.<
***************************************

Pasien: Dok, saya sakit apa?
Dokter: Kamu positif HIV
Pasien: HIV AIDS maksudnya dok? (º??´?º??`)
Dokter: Bukan, tapi Hasrat Ingin Vacaran
Pasien: -___-" #Koplok #BakarRS

referensi :
http://googel2013.blogspot.com/2013/02/cerita-lucu-banget-dan-gokil-habis.html

Selasa, 21 Mei 2013

SS HUMOR : TEBAK2AN : TANPA AKU DUNIA TIDAK ADA, SIAPAKAH AKU ?


Pagi-pagi aku ada dua.

Siang aku cuma ada satu.

Kalau malam aku gak ada.

Aku ada diujung api dan ditengah-tengah air.

Aku punya kepala sayangnya aku tak punya leher.

Kalau aku sudah besar biasanya kepalaku hilang.

Tanpa aku dunia dan cinta tidak akan ada. Siapakah aku?


Jawab: huruf 'i'

referensi :
http://www.lucubanget.net/

CONTOH PROPOSAL PERBAIKAN LAPANGAN BULU TANGKIS (PB BERDIKARI)


PROPOSAL

PERBAIKAN LAPANGAN BULU TANGKIS

PERSATUAN BULU TANGKIS BERDIKARI (PB BERDIKARI)








TEMA KEGIATAN

“Memanfaatkan Potensi Yang Ada Untuk Kemajuan Bersama”


Sekertariat: Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Kancil Kel. Neroktog Kec.Pinang Kota Tangerang




PERSATUAN BULU TANGKIS BERDIKARI
PB BERDIKARI

Sekertariat: Jl. KH. Hasyim Ashari Gg. Kancil Kel. Neroktog Kec.Pinang Kota Tangerang
 


Nomor   : 01/PB-BERDIKARI/V/2013
Lamp     : 1 Satu (Bundel)
Perihal    : Permohonan Bantuan Dana


Kepada Yth,
Ibu /bpk /saudara/i
Di_
Tempat




Assalamu ‘alaikum Wr Wb,

Dalam rangka menghidupkan kembali kegiatan olahraga pemuda Neroktog, kami yang tergabung dalam PB BERDIKARI, ingin bermaksud merehab kembali lapangan bulu tangkis yang sudah ada. Namun karena  keterbatasan kami dalam hal finansial, maka kami sangat mengharapkan uluran tangan dari Bapak/Ibu untuk memberikan bantuan demi suksesnya perbaikan lapangan ini.

Adapun perbaikan yang sudah kami lakukan baru sedikit dan masih banyak perbaikan lain yang belum tercapai, dan kami sangat membutuhkan dana. Oleh karena itu  kami sangat mengharapkan bantuan dari Bapak, Ibu Saudara/i serta Donatur.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr Wb,

        Tangerang, 21 Mei 2013
Mengetahui,                                                                                      PERSATUAN BULUTANGKIS BERDIKARI
Ketua RT. 02/05                                                                                                Ketua,




H. MANSYUR                                                                                     ABDUL GHONI






PROPOSAL PERBAIKAN LAPANGAN BULU TANGKIS


LATAR BELAKANG
Olahraga adalah sebagai wahana untuk menjadikan manusia yang sehat jasmani dan rohani, serta membentuk manusia yang selalu meningkatkan tali Silaturahmi, berkepribadian dan berwatak pancasila. Olagraga juga turut adil dan berpartisipasi kepada Negara untuk membangun kader-kader pembangunan dalam rangka mewujudkan manusia yang siap kedepan untuk mendukung dan mewujudkan visi dan misi PB. Putra Muara

NAMA KEGIATAN
“Perbaikan Lapangan Bulu Tangkis”

TEMA KEGIATAN
“Memanfaatkan Potensi Yang Ada Untuk Kemajuan Bersama”


TUJUAN

1.      Menghidupkan kembali sarana olahraga yang ada agar dapat di manfaatkan kembali secara optimal
2.      Mempererat Tali Silahturahmi antara Warga
3.      Memupuk rasa sportifitas yang tinggi untuk pembinaan mental atlit.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Perbaikan Lapangan Bulu Tangki PB BERDIKARI dilaksanakan mulai 26 Mei 2013 s/d selesai

KEPANITIAN
SUSUNAN KEPANITIAN
PELINDUNG                     : Bpk. Masri jayadih (Ketua RW. 05)
PENANGGUNG JAWAB  : Bpk. H. Mansyur (Ketua RT 02/05)
KETUA                               : Bpk. Abdul Ghoni
SEKRETARIS                     : Bpk. Khaerul Munawir
BENDAHARA                    : Bpk. Asep Maulana
DANA                                 : Bpk. Sahabudin
PEMBANGUNAN              : Bpk. H. Kurtubi
PERALATAN                      : Bpk. Abdul Majid



BIAYA DAN SUMBER DANA
-Biaya pertandingan bulu tangkis ini diharapkan dari Para donatur dan Anggota PB BERDIKARI
-Dengan rincian sebagai berikut :

Rencana Biaya Perbaikan Lapangan Bulu Tangkis
Semen 2 Sak                        Rp.  120.000,-
Instalasi Kabel                      Rp.  300.000,-
Lampu TL                            Rp.  150.000,-
Jumlah                                Rp.  570.000,-


Rencana Pengadaan Peralatan
Net                                        Rp  300.000,-
Kok                                       Rp  200.000,-
Cat                                        Rp  200.000,-
Pluit                                       Rp    10.000-,
Jumlah                                 Rp  710.000-,

Jumlah Keseluruhan      Rp. 1. 280.000,-
(satu juta dua ratus delapan puluh ribu rupiah)


PENUTUP
Demikianlah Proposal ini kami sampaikan, sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Atas perhatian, kerjasama dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.



    Tangerang, 21 Mei 2013
Mengetahui,                                            PERSATUAN BULUTANGKIS BERDIKARI
Ketua RT. 02/05                                    Ketua,




H. MANSYUR                                 ABDUL GHONI




MACAM-MACAM KONFLIK SOSIAL



a. Konflik Pribadi 
Konflik terjadi dalam diri seseorang terhadap orang lain. Umum- nya konflik pribadi diawali perasaan tidak suka terhadap orang lain, yang pada akhirnya melahirkan perasaan benci yang men- dalam. Perasaan ini mendorong tersebut untuk memaki, meng- hina, bahkan memusnahkan pihak lawan. Pada dasarnya konflik pribadi sering terjadi dalam masyarakat.


b. Konflik Rasial 

Konfilk rasial umumnya terjadi di suatu negara yang memiliki keragaman suku dan ras. Lantas, apa yang dimaksud dengan ras? Ras merupakan pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri biologisnya, seperti bentuk muka, bentuk hidung, warna kulit, dan warna rambut. Secara umum ras di dunia dikelompokkan menjadi lima ras, yaitu Australoid, Mongoloid, Kaukasoid, Negroid, dan ras-ras khusus. Hal ini berarti kehidupan dunia ber- potensi munculnya konflik juga jika perbedaan antarras diper- tajam.


c. Konflik Antarkelas Sosial 

Terjadinya kelas-kelas di masyarakat karena adanya sesuatu yang dihargai, seperti kekayaan, kehormatan, dan kekuasaan. Kesemua itu menjadi dasar penempatan seseorang dalam kelas-kelas sosial, yaitu kelas sosial atas, menengah, dan bawah. Seseorang yang memiliki kekayaan dan kekuasaan yang besar menempati posisi atas, sedangkan orang yang tidak memiliki kekayaan dan kekuasaan berada pada posisi bawah. Dari setiap kelas mengandung hak dan kewajiban serta ke- pentingan yang berbeda-beda. Jika perbedaan ini tidak dapat terjembatani, maka situasi kondisi tersebut mampu memicu munculnya konflik rasial.


d. Konflik Politik Antargolongan dalam Satu Masyarakat maupun antara Negara-Negara yang Berdaulat 

Dunia perpolitikan pun tidak lepas dari munculnya konflik sosial. Politik adalah cara bertindak dalam menghadapi atau menangani suatu masalah. Konflik politik terjadi karena setiap golongan di masyarakat melakukan politik yang berbeda-beda pada saat menghadapi suatu masalah yang sama. Karena perbedaan inilah, maka peluang terjadinya konflik antargolongan terbuka lebar. Contoh rencana undang-undang pornoaksi dan pornografi sedang diulas, masyarakat Indonesia terbelah menjadi dua pemikiran, sehingga terjadi pertentangan antara kelompok masyarakat yang setuju dengan kelompok yang tidak menyetujuinya.


e. Konflik Bersifat Internasional 

Konflik internasional biasanya terjadi karena perbedaan- perbedaan kepentingan di mana menyangkut kedaulatan negara yang saling berkonflik. Karena mencakup suatu negara, maka akibat konflik ini dirasakan oleh seluruh rakyat dalam suatu negara. Apabila kita mau merenungkan sejenak, pada umumnya konflik internasional selalu berlangsung dalam kurun waktu yang lama dan pada akhirnya menimbulkan perang antarbangsa, mengapa demikian?

referensi
Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 31-32

SS HUMOR : SEPATU KULIT BUAYA


Seorang perempuan ingin memiliki sebuah sepatu dari kulit buaya.
Diapun pergi ke toko sepatu dan kecewa karena mahalnya.

"Mahal amat sih?"tanya siperempuan.

"Kalau ingin murah, ya tangkap sendiri saja buayanya sana!"ketus sipemilik toko.

Terinspirasi oleh perkataan sipemilik toko, perempuan tersebut pergi ke sungai besar di daerah situ sambil membawa senjata api.

Beberapa saat kemudian sipemilik toko datang dan terkagum-kagum melihat 3 ekor buaya mati di pinggir sungai.

Sementara itu,
siperempuan terlibat ditengah sungai sedang membidikkan senjatanya ke seekor buaya lainnya.
Suara tembakan terdengar , kemudian siperempuan menyeret buaya ke-4 kepinggir sungai dan kemudian menyumpah,

"sialan..!!!! yang ini juga nggak pakai sepatu.!!!

sumb3r

CIRI-CIRI DIFERENSIASI SOSIAL

1. Ciri Fisik 
Diferensiasi ini terjadi karena perbedaan ciri-ciri tertentu. Misalnya: warna kulit, bentuk mata, rambut, hidung, muka, dan sebagainya.

2. Ciri Sosial 
Diferensiasi sosial ini muncul karena perbedaan pekerjaan yang menimbulkan cara pandang dan pola perilaku dalam masyarakat berbeda. Termasuk di dalam kategori ini adalah perbedaan peranan, prestise, dan kekuasaan. Contoh: pola perilaku seorang perawat akan berbeda dengan seorang karyawan kantor.

3. Ciri Budaya 
Diferensiasi budaya berhubungan erat dengan pandangan hidup suatu masyarakat menyangkut nilai-nilai yang dianutnya, seperti religi atau kepercayaan, sistem kekeluargaan, keuletan, dan ketangguhan. Hasil dari nilai-nilai yang dianut suatu masyarakat dapat kita lihat dari bahasa, kesenian, arsitektur, pakaian adat, agama, dan sebagainya.

Referensi : Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 5

PENGERTIAN DIFERENSIASI SOSIAL

Pada dasarnya kita hidup dalam lingkungan yang penuh dengan perbedaan. Lihatlah di sekelilingmu sekarang, kamu akan menemukan banyak perbedaan mulai agama, jenis kelamin, ras, dan lain-lain Perbedaan-perbedaan inilah yang menyebabkan pemisahan atau pembagian dalam suatu masyarakat yang disebut diferensiasi sosial.

Masyarakat Indonesia memiliki banyak keragaman dan perbedaan. Sebagai contohnya keragaman agama, ras, etnis, pekerjaan, budaya, maupun jenis kelamin. Tidak dapat dimungkiri keragaman ini menjadi potensi pokok munculnya konflik di Indonesia. Perbedaan-perbedaan di atas terlihat secara horizontal. Perbedaan inilah dalam sosiologi dinamakan dengan istilah diferensiasi sosial. 

Diferensiasi sosial berasal dari bahasa Inggris yaitu difference, yang berarti perbedaan. 

Secara istilah pengertian diferensiasi sosial adalah pembedaan anggota masyarakat ke dalam golongan secara horizontal, mendatar, dan sejajar atau tidak memandang perbedaan lapisan. 

Asumsinya adalah tidak ada golongan dari pembagian tersebut yang lebih tinggi daripada golongan lainnya. Dengan demikian, dalam diferensiasi sosial tidak dikenal adanya tingkatan atau pelapisan, seperti pembagian kelas atas, menengah, dan bawah. 

Pembedaan yang ada dalam diferensiasi sosial didasarkan atas latar belakang sifat-sifat dan ciri-ciri yang tidak sama dalam masyarakat, klan, etnis, dan agama. Kesemuanya itu disebut kemajemukan sosial, sedangkan pengelompokan berdasarkan profesi dan jenis kelamin disebut heterogenitas sosial.

referensi : e book Kelas_11_sosiologi_vina_dwi_laning hal. 4-5

Senin, 20 Mei 2013

PRIMORDIALISME DAN ETNOSENTRISME


Primordialisme : 
paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak lahir, baik mengenai tradisi, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya.

Contoh perilaku sosial primordial :
Membentuk partai politik berdasarkan paham, ideologi, atau keterikatan pada faktor-faktor seperti suku bangsa, agama, dan ras. Memberikan prioritas atau perlakuan istimewa kepada orang-orang yang berasalk dari daerah, suku bangsa,agama, atau rastertentu.



Etnosentrisme : 
sikap yang cenderung bersifat subyektif dalam memandang budaya orang lain. Memandang budaya orang lain dari kacamata budayanya.

Contoh : Seorang ekstremis menganggap bahwa hanya pendapat kelompok sendirilah yang benar dan menolak pendapat dari luar kelompoknya. Dalam kehidupan multikultural, sikap ekstrem tersebut dapat merusak upaya untuk memperkuat proses integrasi.

SUNGGUH, INI BUKAN FOTO BIASA (SEBUAH TEKNIK FOTOGRAFI BIASA, NAMUN PENUH CERITA)




Luka, usianya baru 12 tahun. Masa kanak-kanak yang semestinya dinikmati dengan sukacita, bermain dan merasakan dunia. Sayang, ia menderita muscular dystrophy - penyakit degeneratif yang memaksanya harus terdiam di kursi roda, dan semakin lemah dari waktu ke waktu.

Dalam penderitaan dan keterbatasan mencecap indahnya masa kanak-kanak, Luka tetap punya imajinasi setinggi langit. Ia ingin merasakan dinginnya air dan bermain bersama ikan-ikan, belajar memasukan bola basket ke dalam keranjang, melompat dan salto, bahkan sekadar meniti anak tangga. Sederhana bagi kita yang sehat, nyatanya tidak demikian untuk Luka.

Seorang fotografer, Matej Peljhan yang sekaligus kawan Luka menangkap mimpi-mimpinya. "Aku ingin bangun dari kursi roda dan melihat diriku bermain, walau hanya dalam urutan gambar." Kira-kira begitulah yang digagas Luka kepada Matej.

Diangkatnya Luka dari singgasana, dibaringkan di atas set, lalu Matej menjepret Luka secara vertikal. Sebuah teknik fotografi biasa, tetapi penuh cerita.

Maka, setelah melakukan sesi foto, inilah yang bisa kita lihat bersama. Keceriaan Luka dalam dunia imajinasinya, tertawa di masa kanak-kanak yang hilang. Mungkin, hanya dengan cara inilah Luka bisa menghapus semua luka di hatinya...










sumb3r

SS HUMOR : TERLALU PANJANG


Seorang pria sedang kebingungan karena penisnya terlalu panjang padahal sebentar lagi dia akan menikah dengan gadis pujaannya. Dia sudah berusaha ke berbagai macam dokter untuk memperpendek penisnya yang berukuran 50cm, tapi tidak ada satu dokterpun yang bisa menolongnya. Akhirnya ia datang ke seorang dukun. Setelah berpikir sebentar, dukun itupun memberi solusi,

"Cobalah datang ke pinggir hutan, di sana ada seekor kodok ajaib. Tanyakan pada kodok itu apakah dia mau menikah denganmu. Kalau kodok itu menjawab 'tidak' maka penismu akan berkurang 10cm. Tapi resikonya kalau kodok itu berkata 'ya' maka penismu akan bertambah 10cm. Silahkan cara ini dicoba kalau mau..."

Akhirnya pria tersebut pergi ke pinggir hutan yang ditunjukkan si dukun. Ia bertemu dengan kodok yang dimaksud dan bertanya apakah si kodok mau menikah dengannya. Si kodok menjawab "Tidak!"

Pemuda tersebut lari ke rumah dan melihat bahwa penisnya sudah berkurang 10 cm. Keesokan harinya sang pemuda itupun datang lagi dan bertanya hal yang sama pada si kodok. Dan jawaban dari si kodok masih tetap "Tidak!". Pemuda itu kembali pulang dan melihat kini penisnya sudah tinggal 30cm. Kemudian diapun berpikir, "Tinggal sekali lagi aku datang ke hutan maka penisku akan berukuran tidak terlalu jauh berbeda dengan pemuda normal lainnya..."

Keesokan harinya si pemuda datang lagi ke tepi hutan dan menemui sang kodok dengan pertanyaan yang sama,

"Maukah engkau menikah denganku?"
"Anak muda....anak muda, masih juga kamu belum percaya pada kata-kataku. Sekali lagi jawabanku adalah: TIDAK, TIDAK, dan TIDAK....!"

"hehehhe,,, abis doooonk"


sumb3r

SS HUMOR : AKAL SI NARAPIDANA


Ada seorang Aceh dari kabupaten Pidie, menulis surat ke anaknya yang ada dipenjara Nusa Kambangan karena dituduh terlibat GAM (Gerakan Aceh Merdeka).

Bunyinya: "Hasan, bapakmu ini sudah tua, sekarang sedang musim tanam jagung, dan kamu ditahan di penjara pula, siapa yang mau bantu bapak mencangkul kebun jagung ini?"

Eh, anaknya membalas surat itu beberapa minggu kemudian. "Demi Tuhan, jangan cangkul itu kebun, saya tanam senjata di sana," kata si anak dalam surat itu.

Rupanya surat itu disensor pihak rumah tahanan, maka keesokan harinya setelah si bapak terima surat, datang satu peleton tentara dari kota Medan.

Tanpa banyak bicara mereka segera ke kebun jagung dan sibuk seharian mencangkul tanah di kebun tersebut. Setelah mereka pergi, kembali si bapak tulis surat ke anaknya.

"Hasan, setelah bapak terima suratmu, datang satu peleton tentara mencari senjata di kebun jagung kita, namun tanpa hasil. Apa yang harus bapak lakukan sekarang?"

Si anak kembali membalas surat tersebut, "Sekarang bapak mulai tanam jagung aja, kan udah dicangkul sama tentara, dan jangan lupa ngucapin terima kasih sama mereka."

Pihak rumah tahanan yang menyensor surat ini langsung pingsan.

sumb3r

FAKTOR PENYEBAB MULTIKULTURAL DI INDONESIA




1. Faktor Sejarah Indonesia Di mata dunia,

Indonesia adalah negeri yang kaya dan subur. Segala sesuatu yang diperlukan semua bangsa tumbuh di Indonesia. Misalnya, palawija dan rempah- rempah. Oleh karena itu, Indonesia menjadi negeri incaran bagi bangsa lain. Sejak tahun 1605 bangsa Indonesia telah dikunjungi oleh bangsa-bangsa lain yaitu Portugis, Belanda, Inggris, Cina, India, dan Arab. Kesemua bangsa tersebut datang dengan maksud dan tujuan masing-masing. Oleh karena itu, mereka tinggal dan menetap dalam jangka waktu yang lama. Kondisi ini menjadikan Indonesia memiliki struktur ras dan budaya yang makin beragam.


2. Faktor Geografis

Apabila dilihat secara geografisnya Indonesia berada di jalur persilangan transportasi laut yang ramai dan strategis. Karenanya banyak bangsa-bangsa pedagang singgah ke Indonesia sekadar untuk berdagang. Bangsa-bangsa tersebut seperti Arab, India, Portugis, Spanyol, Inggris, Jepang, Korea, Cina, Belanda, Jerman, dan lain-lain. Kesemua bangsa tersebut mempunyai struktur budaya yang berbeda-beda. Persinggahan ini mengakibatkan masuknya unsur budaya tertentu ke negara Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari masuknya bahasa Inggris, bahasa Belanda, agama Islam, Nasrani, Hindu, dan Buddha.


3. Faktor Bentuk Fisik Indonesia 

Apabila dilihat dari struktur geologinya, bangsa Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng benua besar. Hal ini menjadikan Indonesia berbentuk negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pul
au. Masing-masing pulau mempunyai karakteristik fisik sendiri-sendiri. Untuk mempertahankan hidup, masyarakat di masing-masing pulau mempunyai cara yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi fisik daerahnya. Oleh karena itu, masing-masing pulau juga mempunyai perkembangan yang berbeda-beda pula. Teknologi, budaya, seni, bahasa mereka pun berbeda-beda yang akhirnya membentuk masyarakat multikultural.3. Faktor Bentuk Fisik Indonesia Apabila dilihat dari struktur geologinya, bangsa Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng benua besar. Hal ini menjadikan Indonesia berbentuk negara kepulauan yang terdiri atas ribuan pulau. Masing-masing pulau mempunyai karakteristik fisik sendiri-sendiri. Untuk mempertahankan hidup, masyarakat di masing-masing pulau mempunyai cara yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi fisik daerahnya. Oleh karena itu, masing-masing pulau juga mempunyai perkembangan yang berbeda-beda pula. Teknologi, budaya, seni, bahasa mereka pun berbeda-beda yang akhirnya membentuk masyarakat multikultural.


4. Faktor Perbedaan Struktur Geologi 

Sebagaimana telah diungkapkan di atas bahwa pada dasarya Indonsia terletak di antara tiga pertemuan lempeng, yaitu lempeng Asia, Australia, dan Pasifik. Kondisi ini menjadikan Indonesia mempunyai tiga tipe struktur geologi yaitu tipe Asia dengan struktur geologi Indonesia Barat, tipe peralihan dengan zona geologi dengan struktur geologi Indonesia Tengah, dan tipe Australia dengan struktur geologi Indonesia Timur. Perbedaan inilah yang mengakibatkan adanya perbedaan ras, suku, jenis flora dan faunanya.

referensi :
Vina Dwi Laning - Sosiologi kelas XI SMA hal. 97

Minggu, 19 Mei 2013

PROBLEM SOSIAL MASYARAKAT MULTIKULTURAL



Manifestasi empiris penurunan rasa aman dan damai masyarakat akhir-akhir ini terlihat makin nyata dan transparan. Munculnya berbagai tindak kekerasan, terorisme, dan kerusuhan yang terjadi di berbagai daerah merupakan sebagian yang memperkuat gejala tersebut. Bersamaan dengan itu semakin mudah ditemukan fenomena sosial, yang dikarenakan perbedaan etnis, ideologi politik, dan dogmatisme agama. 

Berbagai lembaga negara serta pranata sosial yang ada seakan mengalami stagnasi dan krisis legitimasi, karena tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara normal. Dialog dari hati ke hati antara individu atau kelompok nyaris tidak berjalan, karena yang terjadi adalah eksklusivisme, ketidakpercayaan serta kecurigaan yang menekankan ”supremasi” dan ”kebenaran” sendiri. Kondisi anomali ini mengandung risiko kemunculan gejala, yang oleh Erich Fromm disebut sebagai letupan perasaan yang sangat destruktif berupa kemarahan sosial yang memperbolehkan iri dan benci dilampiaskan di bawah kedok keutamaan. 

Hal ini pada gilirannya akan menggeser sendi-sendi toleransi dan kemanusiaan dalam kehidupan bermasyarakat. Kita melihat orang atau kelompok lain sebagai segmen yang terpisah, bukan sebagai kesatuan yang utuh lagi. Cara pandang demikian, mengakibatkan semakin tingginya kecurigaan pada orang atau kelompok lain dan semakin tipisnya toleransi dan kesediaan untuk saling menerima. 

Persoalannya, bahwa dalam masyarakat yang multikultural biasanya memiliki tingkat diferensiasi sosial cukup tinggi yang sangat rentan dan resistensi rendah terhadap munculnya konflik horizontal. Begitu pula, kondisi masyarakat demikian tidak selamanya kondusif bagi upaya pengembangan toleransi dan demokrasi. 

Itulah problema sosial yang kerap kali dialami oleh masyarakat multikultural. Melalui kasus di atas, belajarlah untuk berpikir kritis, temukan solusi yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut! Kemukakan bagaimana menumbuhkan rasa cinta kesatuan berkenaan dengan kasus di atas!

referensi :
Vina Dwi Laning - Sosiologi kelas XI SMA hal. 25
gambar :
http://edukasi.kompasiana.com/

SS HUMOR : INILAH CIRI-CIRI COWOK TIDAK MUDA LAGI


1. Membaca makin jauh, kencing makin dekat.
2. Dulu tidur berhadap-hadapan, sekarang beradu pantat.
3. Dulu suka pakai minyak wangi, sekarang sering pakai minyak angin
4. Dulu 12 kali lebih dalam sebulan, sekarang belum tentu sekali sebulan
5. Dulu keras sekali selama menunggu, sekarang lama sekali menunggu keras.
6. Dulu langsung ON, sekarang langsung Down
7. Dulu kencing asin, sekarang banyak yang sudah kencingnya manis
8. Dulu sering ajak makan enak, sekarang ajak makan obat
9. Dulu korbankan kesehatan demi kekayaan, sekarang korbankan kekayaan demi kesehatan
10. Dulu mengkritik generasi tua, sekarang mencela generasi muda
11. Dulu bermimpi untuk mengubah dunia, sekarang jadi insomnia karena dunia berubah terus.
12. Dulu dongkol karena nggak dikasih, sekarang jengkel karena ditagih.
13. Dulu pemburu nikmat, sekarang diburu tobat … ampuuuuun … ..
14. Dulu sering mengacungkan jari kelingking, sekarang mengacungkan jari telunjuk.
15. Dulu sering pake kaca mata, sekarang matanya sering berkaca-kaca.
16. Dulu sering “unjuk gigi”, sekarang “unjuk gusi”.
17. Dulu pandangan hidup (dipandang sudah hidup) sekarang jadi pegangan hidup (dipegang-pegang baru hidup)… kacian deh…

http://humorterbaru.blogspot.com/

SS HUMOR : KETIKA GAJAH MAU NELPON



Pada suatu senja yang diwarnai oleh hujan yang cukup lebat, tersebutlah sepasang pengantin yang belum lama menikah. Mereka
sedang bercengkrama di beranda sambil menikmati pemandangan air hujan yang jatuh dipekarangan rumah mereka, sambil menikmati penganan kecil, dan minuman minuman ringan sedikit keras. (masih romantis ..maklum penganten baru..) Tiba tiba
sang suami korslet urat isengnya.. dan berkata tiba tiba.
suami : "ma,.. kita maen tebak-tebakan yuk.. "
istri : "hayo ajah.. sapa takutttt"
suami : "aku punya pertanyaan nich ma.. di dalam perut papi ada apanya.."
istri : "alahhhhhh paling juga sayur asem yang tadi siang.."
suami : "salahh bukan itu jawabannya.. dipikir dulu deh.."
istri : "kacang"
suami : "salah"
istri : "polong"
suami : "salah"
istri :"uhhhhhhhhhhhhhhhh .. apa sich.. ???"
suami : "dalam perut papi.. ada GAJAH nya..."
istri : "kok bisa"
suami : "yach ndak tahuuuu lha yang pasti sich.. ini belalainya udah nongol... nongol.."
istri : "ahhhh papi nakallllll ... sebell kalo gitu doank sich mami juga bisa.. "
suami : "oh ya.. ? coba apa pertanyaannya"
istri : "sammaa.. di dalam perut mami ada apanyaa?"
suami : "he he he he he he... muach muach muach.. kamu hamil yach ???"
istri : "SALAH"
suami : "yachhhhh.. lalu.. mmm ada .. istrinya gajah?"
istri : "SALAH"
suami : "Apa donkkkk ??"
istri : "dalam perut mami ada TELPON UMUMNYA"
suami : "HAHHHHHHHHHHH ???????"
istri : "iyahhh ini tempat masukin koinnya udah keliatan tuch.."
suami : "ooohhhh"
pada malam harinya.... disaat sudah waktunya untuk menuju ke peraduan, terjadilah dialog singkat sekaligus penutup cerita ini.. suami : "mammiiii" (dengan nada berbisik )
istri : "apaaaaaa?"
suami : "mammmmm "
istri : "apaaa.. to the point ajahh.."
suami : "mmmmmmmmmm" "GAJAH MO NELPON NICH!!!"

sumb3r

KISAH LEGENDA SANGKURIANG



Sangkuriang adalah legenda yang berasal dari Tatar Sunda. Legenda tersebut berkisah tentang terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul.

Dari legenda tersebut, kita dapat menentukan sudah berapa lama orang Sunda hidup di dataran tinggi Bandung. Dari legenda tersebut yang didukung dengan fakta geologi, diperkirakan bahwa orang Sunda telah hidup di dataran ini sejak beribu tahun sebelum Masehi.

Legenda Sangkuriang awalnya merupakan tradisi lisan. Rujukan tertulis mengenai legenda ini ada pada naskah Bujangga Manik yang ditulis pada daun palem yang berasal dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16 Masehi. Dalam naskha tersebut ditulis bahwa Pangeran Jaya Pakuan alias Pangeran Bujangga Manik atau Ameng Layaran mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan pulau Bali pada akhir abad ke-15.

Setelah melakukan perjalanan panjang, Bujangga Manik tiba di tempat yang sekarang menjadi kota Bandung. Dia menjadi saksi mata yang pertama kali menuliskan nama tempat ini beserta legendanya. 

Laporannya adalah sebagai berikut:
Leumpang aing ka baratkeun (Aku berjalan ke arah barat)
datang ka Bukit Patenggeng (kemudian datang ke Gunung Patenggeng)
Sakakala Sang Kuriang (tempat legenda Sang Kuriang)
Masa dek nyitu Ci tarum (Waktu akan membendung Citarum)
Burung tembey kasiangan (tapi gagal karena kesiangan)


RINGKASAN CERITA
Diceritakan bahwa Raja Sungging Perbangkara pergi berburu. Di tengah hutan Sang Raja membuang air seni yang tertampung dalam daun caring (keladi hutan). Seekor babi hutan betina bernama Wayungyang yang tengah bertapa ingin menjadi manusia meminum air seni tadi. Wayungyang hamil dan melahirkan seorang bayi cantik. Bayi cantik itu dibawa ke keraton oleh ayahnya dan diberi nama Dayang Sumbi alias Rarasati. Banyak para raja yang meminangnya, tetapi seorang pun tidak ada yang diterima.

Akhirnya para raja saling berperang di antara sesamanya. Dayang Sumbi pun atas permitaannya sendiri mengasingkan diri di sebuah bukit ditemani seekor anjing jantan yaitu Si Tumang. Ketika sedang asyik bertenun, toropong (torak) yang tengah digunakan bertenun kain terjatuh ke bawah. Dayang Sumbi karena merasa malas, terlontar ucapan tanpa dipikir dulu, dia berjanji siapa pun yang mengambilkan torak yang terjatuh bila berjenis kelamin laki-laki, akan dijadikan suaminya. Si Tumang mengambilkan torak dan diberikan kepada Dayang Sumbi. Dayang Sumbi akhirnya melahirkan bayi laki-laki diberi nama Sangkuriang.

Ketika Sangkuriang berburu di dalam hutan disuruhnya si Tumang untuk mengejar babi betina Wayungyang. Karena si Tumang tidak menurut, lalu dibunuhnya. Hati si Tumang oleh Sangkuriang diberikan kepada Dayang Sumbi, lalu dimasak dan dimakannya. Setelah Dayang Sumbi mengetahui bahwa yang dimakannya adalah hati si Tumang, kemarahannya pun memuncak serta merta kepala Sangkuriang dipukul dengan senduk yang terbuat dari tempurung kelapa sehingga luka.

Sangkuriang pergi mengembara mengelilingi dunia. Setelah sekian lama berjalan ke arah timur akhirnya sampailah di arah barat lagi dan tanpa sadar telah tiba kembali di tempat Dayang Sumbi, tempat ibunya berada. Sangkuriang tidak mengenal bahwa putri cantik yang ditemukannya adalah Dayang Sumbi – ibunya. Terminological kisah kasih di antara kedua insan itu. Tanpa sengaja Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah puteranya, dengan tanda luka di kepalanya. Walau demikian Sangkuriang tetap memaksa untuk menikahinya. Dayang Sumbi meminta agar Sangkuriang membuatkan perahu dan telaga (danau) dalam waktu semalam dengan membendung sungai Citarum. Sangkuriang menyanggupinya.

Maka dibuatlah perahu dari sebuah pohon yang tumbuh di arah timur, tunggul/pokok pohon itu berubah menjadi gunung ukit Tanggul. Rantingnya ditumpukkan di sebelah barat dan menjadi Gunung Burangrang. Dengan bantuan para guriang, bendungan pun hampir selesai dikerjakan. Tetapi Dayang Sumbi bermohon kepada Sang Hyang Tunggal agar maksud Sangkuriang tidak terwujud. Dayang Sumbi menebarkan irisan boeh rarang (kain putih hasil tenunannya), ketika itu pula fajar pun merekah di ufuk timur. Sangkuriang menjadi gusar, dipuncak kemarahannya, bendungan yang berada di Sanghyang Tikoro dijebolnya, sumbat aliran sungai Citarum dilemparkannya ke arah timur dan menjelma menjadi Gunung Manglayang. Air Talaga Bandung pun menjadi surut kembali. Perahu yang dikerjakan dengan bersusah payah ditendangnya ke arah utara dan berubah wujud menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Sangkuriang terus mengejar Dayang Sumbi yang mendadak menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai bunga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang).


KESESUAIAN DENGAN FAKTA GEOLOGI
Legenda Sangkuriang sesuai dengan fakta geologi terciptanya Danau Bandung dan Gunung Tangkuban Parahu.

Penelitian geologis mutakhir menunjukkan bahwa sisa-sisa danau purba sudah berumur 125 ribu tahun. Danau tersebut mengering 16.000 tahun yang lalu.

Telah terjadi dua letusan Gunung Sunda purba dengan tipe letusan Plinian masing-masing 105.000 dan 55.000-50.000 tahun yang lalu. Letusan plinian kedua telah meruntuhkan kaldera Gunung Sunda purba sehingga menciptakan Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang (disebut juga Gunung Sunda), dan Gunung Bukittunggul.

Adalah sangat mungkin bahwa orang Sunda purba telah menempati dataran tinggi Bandung dan menyaksikan letusan Plinian kedua yang menyapu pemukiman sebelah barat Ci Tarum (utara dan barat laut Bandung) selama periode letusan pada 55.000-50.000 tahun yang lalu saat Gunung Tangkuban Parahu tercipta dari sisa-sisa Gunung Sunda purba. Masa ini adalah masanya Homo sapiens; mereka telah teridentifikasi hidup di Australia selatan pada 62.000 tahun yang lalu, semasa dengan Manusia Jawa (Wajak) sekitar 50.000 tahun yang lalu.


SANGKURIANG DAN FALSAFAH SUNDA
Menurut Hidayat Suryalaga, legenda atau sasakala Sangkuriang dimaksudkan sebagai cahaya pencerahan (Sungging Perbangkara) bagi siapa pun manusianya (tumbuhan cariang) yang masih bimbang akan keberadaan dirinya dan berkeinginan menemukan jatidiri kemanusiannya (Wayungyang). Hasil yang diperoleh dari pencariannya ini akan melahirkan kata hati (nurani) sebagai kebenaran sejati (Dayang Sumbi, Rarasati). Tetapi bila tidak disertai dengan kehati-hatian dan kesadaran penuh/eling (teropong), maka dirinya akan dikuasai dan digagahi oleh rasa kebimbangan yang terus menerus (digagahi si Tumang) yang akan melahirkan ego-ego yang egoistis, yaitu jiwa yang belum tercerahkan (Sangkuriang). Ketika Sang Nurani termakan lagi oleh kewaswasan (Dayang Sumbi memakan hati si Tumang) maka hilanglah kesadaran yang hakiki. Rasa menyesal yang dialami Sang Nurani dilampiaskan dengan dipukulnya kesombongan rasio Sang Ego (kepala Sangkuriang dipukul). Kesombongannya pula yang mempengaruhi “Sang Ego Rasio” untuk menjauhi dan meninggalkan Sang Nurani. Ternyata keangkuhan Sang Ego Rasio yang berlelah-lelah mencari ilmu (kecerdasan intelektual) selama pengembaraannya di dunia (menuju ke arah Timur). Pada akhirnya kembali ke barat yang secara sadar maupun tidak sadar selalu dicari dan dirindukannya yaitu Sang Nurani (Pertemuan Sangkuriang dengan Dayang Sumbi).

Walau demikian ternyata penyatuan antara Sang Ego Rasio (Sangkuriang) dengan Sang Nurani yang tercerahkan (Dayang Sumbi), tidak semudah yang diperkirakan. Berbekal ilmu pengetahuan yang telah dikuasainya Sang Ego Rasio (Sangkuriang) harus mampu membuat suatu kehidupan sosial yang dilandasi kasih sayang, interdependency – silih asih-asah dan silih asuh yang humanis harmonis, yaitu satu telaga kehidupan sosial (membuat Talaga Bandung) yang dihuni berbagai kumpulan manusia dengan bermacam ragam perangainya (Citarum). Sementara itu keutuhan jatidirinya pun harus dibentuk pula oleh Sang Ego Rasio sendiri (pembuatan perahu). Keberadaan Sang Ego Rasio itu pun tidak terlepas dari sejarah dirinya, ada pokok yang menjadi asal muasalnya (Bukit Tunggul, pohon sajaratun) sejak dari awal keberada-annya (timur, tempat awal terbit kehidupan). Sang Ego Rasio pun harus pula menunjukkan keberadaan dirinya (tutunggul, penada diri) dan pada akhirnya dia pun akan mempunyai keturunan yang terwujud dalam masyarakat yang akan datangd dan suatu waktu semuanya berakhir ditelan masa menjadi setumpuk tulang-belulang (gunung Burangrang).

Betapa mengenaskan, bila ternyata harapan untuk bersatunya Sang Ego Rasio dengan Sang Nurani yang tercerahkan (hampir terjadi perkawinan Sangkuriang dengan Dayang Sumbi), gagal karena keburu hadir sang titik akhir, akhir hayat dikandung badan (boeh rarang atau kain kafan). Akhirnya suratan takdir yang menimpa Sang Ego Rasio hanyalah rasa menyesal yang teramat sangat dan marah kepada “dirinya”. Maka ditendangnya keegoisan rasio dirinya, jadilah seonggok manusia transendental tertelungkup meratapi kemalangan yang menimpa dirinya (Gunung Tangkubanparahu).

Walau demikian lantaran sang Ego Rasio masih merasa penasaran, dikejarnya terus Sang Nurani yang tercerahkan dambaan dirinya (Dayang Sumbi) dengan harapan dapat luluh bersatu antara Sang Ego Rasio dengan Sang Nurani. Tetapi ternyata Sang Nurani yang tercerahkan hanya menampakkan diri menjadi saksi atas perilaku yang pernah terjadi dan dialami Sang Ego Rasio (bunga Jaksi).

Akhir kisah yaitu ketika datangnya kesadaran berakhirnya kepongahan rasionya (Ujungberung). Dengan kesadarannya pula, dicabut dan dilemparkannya sumbat dominasi keangkuhan rasio (gunung Manglayang). Maka kini terbukalah saluran proses berkomunikasi yang santun dengan siapa pun (Sanghyang Tikoro atau tenggorokan; bahasa Sunda: Hade ku omong goreng ku omong). Dan dengan cermat dijaga benar makanan yang masuk ke dalam mulutnya agar selalu yang halal bersih dan bermanfaat.

Arsip Blog