Home » » STRUKTUR KEPRIBADIAN MENURUT SIGMUND FREUD

STRUKTUR KEPRIBADIAN MENURUT SIGMUND FREUD

Written By Bangmu2 Editor on Kamis, 02 Mei 2013 | 00.25


Sigmund Freud menyatakan bahwa kepribadian seseorang terdiri atas tiga aspek, yaitu aspek biologis, aspek psikologis, dan aspek sosiologis. Setiap aspek memiliki fungsi, sifat, komponen, prinsip kerja, dan dinamika sendiri-sendiri. Namun, ketiganya tidak dapat dipisahkan, karena secara bersama-sama memengaruhi tingkah laku manusia. 

Aspek biologis kepribadian disebut id, merupakan dunia batin seseorang. Id terdiri atas hal-hal yang dibawa sejak lahir, termasuk insting atau naluri. Naluri manusia cenderung mengarahkan perilaku manusia untuk mencari kenikmatan dan menghindari ketidakenakan. 

Aspek psikologis kepribadian disebut ego, merupakan bagian dari kepribadian seseorang yang berfungsi mencari jalan pemenuhan dorongan- dorongan naluri manusia, misalnya seseorang yang lapar, secara naluriah ingin memenuhinya dengan makan. Egolah yang mengarahkan seseorang untuk mencari makanan. Oleh karena itu, ego disebut juga aspek yang menghubungkan dunia batin (id) dengan realistas atau dunia nyata (superego). 

Aspek sosiologis kepribadian disebut superego. Aspek ini berfungsi menentukan apakah suatu perilaku benar atau salah, pantas atau tidak, sopan atau tidak, atau sesuai dengan nilai moral dalam masyarakat atau tidak. Aspek ini merupakan hasil sosialisasi seseorang di masyarakat. Nilai dan norma sosial diinternalisasikan dalam kepribadian seseorang melalui proses belajar. Apabila sudah terinternalisasi, selanjutnya berfungsi untuk mengahalangi dorongan berperilaku melanggar norma dan mendorong untuk berperilaku yang sesuai norma. 

Berdasarkan teori ini, kepribadian seseorang dipengaruhi oleh dorongan-dorongan naluriah dan internalisasi nilai-nilai sosial. Apabila aspek biologis yang berpengaruh kuat, maka kepribadian seseorang cenderung

mengikuti naluri dan melanggar norma. Sebaliknya, apabila seseorang cukup memperoleh sosialisasi nilai-nilai sosial, maka kepribadiannya akan sesuai dengan nilai dan norma di masyarakat.



Paling banyak dibaca

Channel Bangmu2 Official

Oma Irama & Inneke Kusumawati Nonton Tjokek

Google+ Bangmu2 Official

Postingan Terbaru