Home » » PERSAINGAN (COMPETITION)

PERSAINGAN (COMPETITION)

Written By Bangmu2 Editor on Rabu, 08 Mei 2013 | 09.23

Persaingan melibatkan individu atau kelompok dalam rangka mencapai keuntungan di berbagai bidang kehidupan. Persaingan berlangsung tanpa ancaman atau kekerasan.

Persaingan yang wajar dengan mematuhi aturan main tertentu disebut persaingan sehat. Misalnya, dua orang siswa yang saling bersaing merebutkan posisi ranking pertama di kelas. Keduanya berlomba dengan rajin belajar tanpa berusaha menjatuhkan teman.

Namun, sering juga terjadi persaingan tidak sehat terutama dalam bidang ekonomi dan politik. Persaingan ekonomi timbul karena terbatasnya persediaan, terbatasnya kesempatan mengelola sumber daya ekonomi, perebutan daerah pemasaran, dan lain-lain. Persaingan tidak sehat dalam politik berbentuk menjelek-jelekkan lawan politik atau memfitnah.

Persaingan juga dapat terjadi akibat perbedaan ras atau warna kulit, bentuk tubuh, dan jenis rambut. Indikasi adanya persaingan dalam bidang ini tercermin dalam sikap-sikap eksklusif dari mereka yang merasa dirinya lebih unggul, misalnya orang kulit putih biasanya menyombongkan diri sebagai ras yang unggul, padahal tidak ada alasan ilmiah yang mendukung hal tersebut.

Selain itu, persaingan juga dapat terjadi antarindividu yang saling membanggakan kelebihan dan kedudukan masing-masing dalam masyarakat. Persaingan yang terjadi di antara individu maupun kelompok disebabkan oleh beberapa hal, antara lain perbedaan pendapat, perselisihan paham, persamaan kepentingan pada suatu hal yang sama, perbedaan sistem nilai dan norma yang dianut, dan perbedaan kepentingan politik.

Persaingan dapat menimbulkan berbagai akibat, baik positif maupun negatif.
Akibat positifnya adalah timbulnya solidaritas kelompok sehingga rasa kesetiakawanan menjadi lebih tinggi,
sedang akibat negatifnya adalah terjadinya kerusakan harta benda dan bahkan jiwa manusia.
Persaingan juga mengakibatkan terjadinya negoisasi antara kedua belah pihak. apabila negoisasi menghasilkan status quo, maka pihak yang dominan merasa menang, sementara pihak yang lain merasa dirugikan.

Baca Juga





http://www.prchecker.info/