Home » » NILAI MATERIAL

NILAI MATERIAL

Written By Bangmu2 Editor on Rabu, 15 Mei 2013 | 00.22

Nilai material berkaitan dengan anggapan masyarakat mengenai materi atau kebendaan dan kekayaan. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda terhadap kekayaan, dan ini dipengaruhi oleh nilai-nilai yang ada di masyarakatnya.

Ada orang yang mengutamakan kekayaan berlimpah sebagai ukuran keberhasilan hidup, sementara orang lain mungkin lebih mengutamakan keberhasilan pendidikan anak-anaknya.

Menurut Clifford Geerzt, kelompok masyarakat Jawa yangdisebut kaum priyayi memandang rendah nilai materi, tetapi memandang tinggi nilai kedudukan sosial. Cobalah Anda pelajari lebih lanjut perihal nilai material yang dianut kaum priyayi Jawa.

Dalam lingkup yang lebih luas, nilai material disebut nilai ekonomi. Nilai ini tercermin dalam sistem ekonomi yang dianut oleh suatu masyarakat atau individu. Dalam masyarakat global sekarang ini sedang disepakati berlakunya sistem pasar bebas. Ini berarti praktik-praktik persaingan bebas (free fight liberalism) dianggap baik. Negara yang tidak mendukung sistem itu akan diberi sanksi dunia. Dalam lingkup pribadi, nilai ekonomi tercermin dalam sikap hemat pengeluaran.



Secara umum orang menilai keberhasilan hidup dengan pengumpulan materi. 
Gambar: sebuah keluarga sedang menaiki mobil mewah di depan rumah mereka yang mewah pula. 
Sumber: Haryana

referensi :
Kelas_10_sosiologi_1_suhardi_sri_sunarti hal. 47




Baca Juga