Home » » PENGARUH STRATIFIKASI SOSIAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

PENGARUH STRATIFIKASI SOSIAL DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Written By Bangmu2 Editor on Jumat, 14 Desember 2012 | 10.59


Pitirim A. Sorokin 
stratifikasi sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam lapisan kelas-kelas secara bertingkat.

Drs. Robert M.Z lawang 
stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu system social tertentu kedalam lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, previlese, prestise.

Stratifikasi sosial dapat terjadi dengan sengaja maupun tidak disengaja (terjadi dengan sendirinya). 

Sebagai contoh dalam kehidupan masyarakat bali yang masih menganut system kasta dalam kehidupannya, mereka membagi golongan masyarakat dengan tingkatan-tingkatan tertentu mulai dari pemuka agama, bangsawan/pegawai pemerintah dan masyarakat biasa. Dalam penggolongan terdapat beberapa tingkatan :

Upper class
Middle class
Lower class

Dalam masyarakat bali pada zaman sekarang system kasta yang di anut ialah system kasta terbuka, jadi setiap masyarakat dapat berpindah kedudukan mulai dari lower class sampai upper class. Sebagai contoh, seorang anak petani yang yang awalnya dari lower class kemudian bersekolah hingga ke peguruan tinggi kedokteran lalu lulus dengan nilai sempurna dan ia pun sukses dalam bidangnya dan berubah tingkat menjadi upper class. Dalam stratifikasi sosial terdapat perpindahan / mobilitas. Dan mobilitas terbagi menjadi 2, yaitu :
- Mobilitas vertikal
- Mobilitas horizontal

Dapat dilihat dari kriteria yang dipakai dalam melihat klasifikasi sosial dalam kehidupan masyarakat, diantaranya :

- Segi kekayaan dapat dilihat dari pola hidup,harta yang mereka miliki serta menempati posisi paling atas dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, fasilitas pribadi yang dimilikinya.

- Segi pendidikan, dapat dilihat dari tingkat pendidikan yang telah ditempuh oleh sesorang, karena semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin tinggi pula kedudukan pada masyarakat.

- Segi kekuasaan, dapat dilihat betapa berpengaruh seseorang yang mempunyai kekuasaan dalam masyarakat, karena dia dapat memiliki wewenang dalam kehidupan masyarakat. Misalnya seorang presiden yang meniliki wewenang atas Negara dan rakyatnya.



Postingan Terbaru