Home » » DAFTAR KOTA-KOTA TERTUA DI DUNIA

DAFTAR KOTA-KOTA TERTUA DI DUNIA

Written By Bangmu2 Editor on Jumat, 31 Agustus 2012 | 16.11


Harus diakui dunia yang kini manusia tinggali mengembangkan, dan melanggengkan, kebudayaannya melalui kota. Dan kota-kota tua semacam itu masih ada serta didiami. Ambil contoh Atena, Yunani. Sebagai tanah kelahiran demokrasi dan tempat tumbuhnya Peradaban Barat, Atena, yang mulai dihuni sejak tahun 1400 SM kini tak lantas menjadi kota mati. Warisan masa silam masih berkeras menjadi saksi bagi perubahan: monumen-monumen peninggalan Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Tak hanya Atena, masih ada sejumlah kota purba lain yang sejak awal berdirinya masih terus dihuni hingga kini. Berikut daftarnya (diambil dari laman The Telegraph):  

7. Plovdiv, Bulgaria


Awal didiami: 4.000 SM

Sebagai kota terbesar kedua di Bulgaria, Plovdiv mulanya berlaku sebagai tempat permukiman bangsa Tracia sebelum menjadi kota utama Romawi. Di kemudian hari, kota itu jatuh dalam kekuasaan Kekaisaran Bizantium dan Ottoman, dan akhirnya menjadi bagian dari Bulgaria. Kota Plovdiv dikenal sebagai salah satu pusat kebudayaan kedua penjajah itu. Hingga kini, para pelancong masih dapat menyaksikan amfiteater dan saluran air buatan pemerintah Romawi serta

6. Sidon, Libanon


Awal didiami: 4.000 SM

Sidon berjarak sekitar 40 km dari Beirut. Ia salah satu kota bangsa Phoenisia terpenting, dan mungkin tertua. Di Sidon, kekuasaan bangsa Phoenisia berkembang. Bahkan, Yesus dan Santo Paul dikabarkan pernah singgah di sana. Belum lagi jika menyebut sang penakluk, Aleksander Agung. Raja Makedonia itu pernah menundukkan Sidon pada tahun 333 SM. 

5. Faiyum, Mesir


Awal didiami: 4.000 SM

Berlokasi di sebelah barat daya Kairo, Faiyum mengambil sebagian wilayah Crocodilopolis, kota purba Mesir yang warganya menyembah buaya suci bernama Petsuchos. Faiyum modern berisi pasar-pasar, masjid, dan pemandian. Di dekatnya, piramida Lehin dan Hawara tegak menantang langit.

4. Susa, Iran


Awal didiami: 4.200 SM

Susa adalah ibu kota Kekaisaran Elamite sebelum bangsa Assyria mengambil alih. Kota modern, Shush, memiliki populasi sekitar 65 ribu jiwa.

3. Damaskus, Suriah


Awal didiami: 4.300 SM

Dianggap sebagai kota tertua di bumi yang masih didiami, Damaskus konon telah dihuni sejak tahun 10 ribu SM. Hal itu masih jadi perdebatan. Di luar itu, Damaskus menjadi permukiman penting setelah kedatangan bangsa Aram. Para pendatang itu lantas membangun jaringan kanal yang menjadi basis bagi jaringan air modern kota itu. Selain pernah ditaklukkan oleh Aleksander Agung, bangsa Romawi, Arab, dan Ottoman pernah menancapkan kuku kekuasaannya di sana.

2. Byblos, Libanon


Awal didiami: 5.000 SM

Bangsa Phoenisia mendirikan Byblos dengan nama Gebal. Namun, bangsa Yunani, yang mengimpor papirus dari kota itu, mengajukan nama Byblos. Kata bahasa Inggris untuk Injil, Bible, berasal dari nama kota itu. Situs utama bagi para pelancong di Byblos mencakup kuil-kuil peninggalan bangsa Phoenisia, Istana Byblos, Gereja St. John the Baptist.

1. Jericho, Wilayah Palestina


Awal didiami: 9.000 SM

Di kota tertua yang selalu berpenghuni itu, para arkeolog telah menemukan 20 permukiman di Jericho yang usianya diperkirakan mencapai 11 ribu tahun. Kota itu ada di tepi Sungai Jordan, Tepi Barat, dan kini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 20 ribu orang.

Baca Juga