Home » » PROSES SOSIALISASI TIDAK SEMPURNA

PROSES SOSIALISASI TIDAK SEMPURNA

Written By Bangmu2 Editor on Senin, 23 Juli 2012 | 23.39



Proses sosialisasi dapat dianggap tidak berhasil apabila individu tidak mampu mendalami norma-norama dalam masyrakat yang berlaku. Individu yang demikian tidak akan memiliki perasaan bersalah atau menyesal setelah melakukan pelanggaran hukum.

Perilaku menyimpang dapat merupakan produk sosialisasi baik disengaja maupun tidak disengaja . Orang tua guru maupun media masa mungkin tidak tidak bermaksud mendidik para remaja untuk melakukan penyimpangan. Namun mereka melakukan perilaku menyimpang karena belajar dari teman-teman pergaulannya , membaca buku melihat film dan lain-lain. Hal ini menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang akibat dari proses sosialisasi tidak sempurna..

Proses sosialisasi tidak sempurna dapat juga timbul karena cacat bawaan, kekurangan gizi, ataupun ganggua jiwa. Selain itu sering kali masing-masing media sosialisasi dalam memberi pesan tidak sejalan, bahwa saling bertentangan satu sama lain. Akibatnya individu yang baru mengalami mengalami sosialisas ididalam dirinya akan timbul konflik pribadi. . Misalnya orang tua memberikan pesan agar anak tidak merokok. Namun anak berada dalam lingkungan pergaulan perokok.dengan berbagai dalih, pada akhirnya anakpun menjadi perokok.

Berbagai jenis perilaku menyimpang.
Penyimpangan yang terjadi akibat dari sosialisasi tidak sempurna disebabkan karena ketidak sepadanan pesan-pesan yang disampaikan oleh masing-masing agen sosialisasi. Pengambilan peran yang salah dan generalized others atau belajar sub kebudyaan yang menyimpang.


Paling banyak dibaca

Channel Bangmu2 Official

Oma Irama & Inneke Kusumawati Nonton Tjokek

Google+ Bangmu2 Official

Postingan Terbaru