MALAM NISFU SYA'BAN

Blog Sosiologi, Koleksi Humor, Lirik Rhoma Irama dll.

Rabu, 20 Juni 2012

MALAM NISFU SYA'BAN



Ini merupakan keunikan bangsa Indonesia dalam menghargai para ulama dan sepuh adat untuk melaksanakan tradisi dalam menghidupi malam nisfu sya’ban. yakni malam pertengahan bulan Sya’ban tahun Hijriyah yang diyakini sebagai bulan pergantian buku catatan amal manusia.dimana catatan itu akan menjadi sebagai neraca di Yaumil Mi’Zan nanti.


Umat Islam beramai-ramai datang ke masjid dan mushala terdekat yang ada di wilayah tersebut dan membaca Al Quran surat Yasin sebanyak tiga kali secara bersama-sama. pembacaan tiga kali surat Yasin itu dimaksudkan untuk memohon agar mereka bisa panjang umur, murah rezeki dan kuat iman. “Di samping itu, kami berharap agar catatan amal selama setahun ditutup dengan catatan amal baik dan dibuka dengan catatan amal baik pula.
Selain membaca Al Quran, mereka juga membawa aneka jenis makanan yang dihususkan untuk parapemuka agama dan para ustadz yang memimpin pembacaan surat Yasin tersebut serta para jama'ah pengajian. Seusai mengaji surat Yasin secara bersama-sama, mereka langsung bersilaturahmi ke tetangganya untuk saling meminta maaf atas perbuatan yang selama ini mereka lakukan. Peringatan malam “Nisfu Sya’ban” ini hanya oleh sebagian kelompok Muslim saja, yakni kelompok tradisional yang kebanyakan berada di daerah perdesaan dan umumnya merupakan warga Nahdlatul Ulama (NU).
dikutip dari  SUMB3R

Arsip Blog