Home » » JENIS-JENIS PERILAKU MENYIMPANG

JENIS-JENIS PERILAKU MENYIMPANG

Written By Bangmu2 Editor on Sabtu, 22 Desember 2012 | 20.44



 Berdasarkan tujuannya :
    1. Penyimpangan social positif yaitu jenis penyimpangan yang membawa dampak positif dan memberikan keuntungan bagi kehidupan masyarakat.
    2. penyimpangan social negative yaitu perilaku menyimpang yang mengarah pada nilai-nilai yang dipandang rendah pleh masyrakat.

Berdasarkan sifatnya :

    1. Penyimpangan primer (primere deviviatiation) yaitu penyimpangan yang dilakukan seseorang yang bersifat temporer dan tidak berulang-ulang.
    2. Penyimpangan skunder yaitu penyimpangan yang terjadi jika siswa tersebut mengulangi perilaku menyimpang yang pernah dilakukan, dengan kata lain penyimpangan yang tidak lagi diterima/dimaafkan oleh masyarakat

Berdasarkan jumlah pelaku

    1. Penyimpangan individual ( Individual Deviation) : Penyimpangan ini muncul disebabkan karena kelainan jiwa seseorang atau karena perilaku jahat. Misdalnya pencandu narkoba, perilaku tindak kejahatan bertindik, bertato, korupsi, dan lain-lain.
    2. Penyimpangankolektif (grouf deviation) yaitu penyimpangan yang dilakukan oleh sekelompok masyrakat secara bersama-sama. Penyimpangan kelompok ini terjadi disebabkan karena mereka patuh pada norma kelompoknya yang kuat dan biasanya bertentangan dengan norma masyarkat yang berlaku.CONTOHNYA KLIK DISINI