Home » » FAKTOR PENDORONG INTERAKSI SOSIAL

FAKTOR PENDORONG INTERAKSI SOSIAL

Written By Bangmu2 Editor on Sabtu, 22 Desember 2012 | 20.36







IMITASI

Tindakan meniru perbuatan atau perilaku orang lain. Tindakan meniru ini apabila seorang individu pernah melihat, mendengar orang yang ada disekelilingnya. Di dalam hidup keseharian, imitasi terjadi pertama kali dalam proses sosialisasi keluarga. Proses imitasi dapat terus berkembang sampai ke lingkungan tetangga, teman sepermainan hingga lingkungan masyarakat lainnya.Proses imitasi bisa berlangsung positif jika mampu mendorong seseorang atau sekelompok individu untuk mematuhi nilai dan norma-norma yang berlaku.


SUGESTI

Rangsangan, pengaruh atau stimulus yang diberikan seseorang kepada orang lain sedemikian rupa sehingga orang yang diberikan Sugesti menuruti atau melaksanakan apa disampaikan pada dirinya tanpa sadar. Tindakan yang dilakukan biasanya berhasil jika dilakukan oleh orang yang berwibawa atau bersifat otoriter, contoh : seorang pemimpin partai politik yang meriakkan yel-yelnya maka pendukungnya akan meneriakkan yel-yelnya tersebut. Sugesti bisa bersifat massal, contohnya iklan : radio, televisi dan surat kabar. Misalnya iklan obat batuk, seseorang seolah-olah menderita batuk segera membeli obat batuk kemudian sembuh. Setelah melihat iklan tersebut banyak orang yang sugesti dengan obat tersebut.


IDENTIFIKASI.
Identifikasi merupakan upaya yang dilakukan seseorang untuk menjadi sama (identik) dengan orang-orang yang ditirunya. contoh : Pengagum berat bintang film sering berpenampilan seperti idolanya.


SIMPATI

Tindakan seseorang yang dilakukan karena perasaan tertarik kepada orang lain yang didasari oleh perasaan kasih sayang. Proses simpati dapat berkembang jika berada dalam keadaan saling pengertian, contoh : mengucapkan selamat terhadap seseorang yang berhasil meraih prestasi.



EMPATI

Merupakan simpati mendalam yang dapat mempengaruhi psikis atau kejiwaan atau fisik seseorang. misal : teman dekatmu mengalami kecelakaan, maka perasaan empati akan timbul.


Syarat terjadinya interaksi sosial klik disini